Kamis, 04 Agustus 2016

Pesona Air Terjun Kedung Kayang yang Tersembunyi

Pesona Air Terjun Kedung Kayang yang Tersembunyi

Jika anda berkunjung ke Ketep Pass atau Candi Borobudur, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Air Terjun Kedung Kayang yang merupakan salah satu destinasi wisata alamyang wajib anda kunjungi di Kabupaten Boyolali. Air terjun Kedung Kayang terletak diantara gunung Merapi dan gunung Merbabu, berada diatas ketinggian kurang lebih 1.200 meter dari permukaan air laut yang letaknya diantara Kabupaten Magelang dan Boyolali, lebih tepatnya di Desa Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang. Namun sebagian atau setengah bagian air terjun ini masuk wilayah Jrakah, Selo, Kabupaten Boyolali. Air terjun Kedung Kayang terletak sekitar 3 km dari gardu pandang Ketep Pass. Jika Ketep Pass ambil jalan menanjak, maka jika anda ingin menuju Air Terjun Kedung Kayang ambil jalan disebelah kanan yang berupa turunan hingga menemukan palang arah Kedung KayangAir Terjun Kedung Kayang ini sendiri bejarak 30 km dari Magelang atau 30 Km dari Boyolali, atau sekitar 60 km dari pusat kota Jogja.


Dibelakang Air Terjun Kedung Kayang ini juga terdapat goa dengan lebar kurang lebih 2 m dan tinggi kurang lebih 2,5 m dengan panjang tidak terbatas ( tidak dapat diketahui karena tidak ada ujungnya ). Bila ada yang mau masuk kedalam goa tersebut harus masuk dulu dikedung, kemudian naik sekitar 1,5 m dibelakang air terjun. Goa tersebut pada jaman dahulu sering digunakan untuk bersemedi oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan khusus untuk meminta petunjuk dari yang maha kuasa. Air Terjun Kedung Kayang dipercaya memiliki keajaiban (misteri) yang dihormati sebagai kearifan lokal.

Untuk tiket masuk ke tempat wisata alam ini, anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000,-saja dengan tarif parkir motor Rp. 2.000,- mobil Rp. 4.000,-

Share:

0 komentar:

Posting Komentar